CARA MEMEGANG BIOLA DAN BOW

OTAKUCHAN - Hajimemashite minna san! Konnichiwa akhirnya ketemu lagi sama aku , kali ini aku akan memberikan tips dasar cara memegang salah satu alat musik yang paling aku suka yaitu biola. Ya biola salah satu alat musik gesek ini bisa dibilang cara memainkannya cukup sulit ,bahkan butuh bertahun tahun untuk bisa menjadi seorang violins yang hebat .Jadi banyak yang tanya nih temen temen aku gimana sih cara memegang biola yang benar + memegang penggeseknya ( Bow ) ,karena memegang biola itu bisa dikatakan dasar awal kita bisa bermain biola lo. Gimana cara memegang biola dan bow yang benar ,kita langsung aja yuk !

Hasil gambar untuk tata cara memegang biola

CARA MEMEGANG BIOLA
 Gambar terkait
Ambil biola ,tali menjauh dari tubuh, dan pegang di bawah lengan kanan ( posisi istirahat ).
  1. Regangkan jari jari tangan lurus ,jempol mengarah ke atas.
  2. Tempatkan sisi buku jari di pangkal jari pertama ,terhadap tepi bawah leher ,sehingga bagian belakang tangan sejajar dengan mur, atau pelana, pada sudut siku- siku pada senar.
  3. Biarkan jempol ( tidak tertekuk ) bersandar pada sisi atas leher sekitar satu inchi dari mur. Bagian yang berdaging dari tangan di antara ibu jari dan jari telunjuk tidak menyentuh leher.
  4. Tekuk jari pertama sehingga ujung jatuh pada senar A ( senar ketiga dari kamu ) sekitar satu inci dari mur. Ini akan bervariasi sesuai dengan ukuran biola.
  5. Dengan bantuan tangan kanan, tanpa mengubah posisi tangan kiri ,naikkan biola sehingga bertumpu pada tulang leher kiri ,dagu di atas dagu.
  6. Bawa siku kiri jauh di bawah biola ke kanan ,biarkan ibu jari menarik sedikit di bawah leher ,tangan juga memutar ke arah leher ( tidak menyentuh ), membulatkan jari -jari lainnya di atas senar dalam posisi untuk menyerang. Lepaskan tangan kanan.
  7. Dengan posisi siku ini ,bahu kiri bawah ke bawah biola untuk memberi dukungan dan meniadakan tekanan dagu dan tulang rahang. Dengan demikian biola harus dipegang tanpa bantuan.
CARA MEMEGANG BOW  
Hasil gambar untuk tata cara memegang bow biola
Ambil busur di tangan kiri , dan pegang ujung ekstrim di bawah frog ,dalam posisi seperti itu bahwa rambut menghadap ke atas dan ujung busur mengarah menjauh dari kamu.

  1. Tempatkan TIP dari ibu jari ( tangan kanan ) ,sedikit melengkung pada sendi ,melawan tongkat sehingga menyentuh bagian frog yang diangkat pada tongkat. Sendi harus sekitar 1/4 inci dari rambut.
  2. Biarkan jari tengah melengkung di sekitar tongkat pada sambungan pertama ( dari ujung ) di depan ibu jari.
  3. Tempatkan jari ketiga, atau jari manis di samping jari tengah sehingga melengkung di sekitar tongkat pada sendi pertama dan bertumpu pada sisi frog.
  4. Biarkan jari pertama untuk beristirahat pada tongkat di sendi pertama.
  5. Ujung jari kelingking bertumpu pada tongkat dalam posisi alami. Lepaskan tangan kiri. 
Itu tadi dasar dasar yang perlu kalian tahu untuk bermain biola .Menurutku bermain biola itu tidak begitu sulit ,karena biola itu tidak hanya membutuhkan teknik dasar tetapi dalam bermain kita harus menggunkan perasaan. Jika kita bermain biola saat keadaan marah atau tanpa perasaan maka suara yang dihasilkan pula akan mempengaruhi bahkan tidak enak untuk didengar , berbeda jika kita bermain biola dengan sepenuh hati maka suara yang dihasilkan akan indah untuk didengar. Aku rasa cukup sampai di sini dulu ya ,Sayonara minna san ! 🖐️🎻

Komentar