APA ITU OVA,OAD DAN ONA DALAM ANIME?

OTAKUCHAN - Hajimemashite minna san ! Konbawa pada kesempatan kali ini aku ngasih tau kalian tentang bahasa bahasa atau singkatan - singkatan yang digunakan dalam anime. Apakah kalian menyadari saat kalian menonton sebuah anime sampai selesai atau sudah ending ,tetapi memiliki sebuah episode tambahan lalu ditayangkan yang jalan ceritanya tidak mengikuti alur cerita di anime yang awal , nah tambahan tambahan seperti itulah yang biasa disebut OVA, OAD dan ONA. Lalu apa sih perbedaannya ? Ya daripada kita penasaran kita langsung bahas aja yuk !

OVA
Hasil gambar untuk gambar anime angel beats ova
OVA adalah singkatan dari Original Video Animation, jadi OVA ini adalah episode tambahan dari suatu serial anime yang dipublikasikan melalui format video, tanpa dipublikasikan oleh televisi / TV terlebih dahulu. Karena memiliki format video, episode OVA biasanya dijual beriringan dengan manga dari anime itu. Hal itu bertujuan agar dapat meningkatkan penjualan manga. Selain itu, bisa juga dijual beriringan dengan ame, novel, promosi dan lain - lain. Contohnya seperti pada anime Angel Beats ,Brothers Conflict dan lain - lain.

OAD
Hasil gambar untuk gambar dvd anime
OAD ini sebenarnya sama dengan OVA, tau dapat dibilang OAD adalah bagian dari OVA. Jadi OAD adalah singkatan dari Original Anime DVD. OAD adalah anime OVA dalam bentuk kaset VCD maupun DVD. OAD inilah anime OVA yang biasanya dijual beriringan dengan manga atau light novel tadi. Ya tujuannya sama seperti penjelasan pada OVA tadi.

ONA
Hasil gambar untuk gambar anime yang menggunakan istilah ona
ONA adalah anime yang tidak disiarkan di TV dan juga tidak dalam bentuk kaset CD, melainkan dipublikasikan disuatu official website aatu bisa juga di website share video seperti youtube. Anime ONA biasanya bertujuan untuk promosi suatu produk, perayaan hari spesial, anniversary, melihat minat penggemar atau bisa saja hanya merupakan karya fans. Yah intinya anime ONA ini adalah anime yang dapat dilihat dengan streaming di suatu website.

 ANIME / EPISODE SPECIAL
Hasil gambar untuk gambar anime yang menggunakan istilah ona
Nah Anime Special ini hanyalah memiliki durasi yang lebih singkat dibandingkan dengan episode biasa. Jlan ceritanya biasanya keluar dari jalan cerita asli dari anime tersebut. Dan ceritanya terkadang hanya untuk bersenang -senang atau lucu - lucuan . Salah satu contoh untuk anime special ini adalah anime One Punch Man Special.

Itu tadi beberapa penjelasan akuntentang beberapa istilah - istilah yang sering digunakan dalam anime. Jadi dapat disimpulkan keempatnya memiliki ikatan yang sama dalam membentuk sebah anime walaupun cara dalam penyampaiannya berbeda -beda. Sikian dulu dari informasi yang aku sampaikan , Sayonara !

Komentar